Sebuah catatan sederhana mengenai berbagai hal dalam hidup. Insya Allah tidak hanya ilmu dunia, namun juga ilmu akhirat. Kesalahan bukan tanggung jawab penulis. Semoga Bermanfaat.

Saturday, February 14, 2015

Install Lokomedia [TOKO ONLINE]



                  Happy weekend teman, bukan happy valentine yak. Bagi yang seiman dengan saya [ISLAM] nggak usah merayakan, oke. Tapi bagi yang lain, silakan jika mau merayakan. Saling menghormati dan menghargai saja yak. Nah, hari ini apa yang akan kita pelajari.? Install lokomedia, sejenis toko online gitu lahh. Hloo kan udah pernah prestashop. Iyaa memang sudah pernah kita belajar prestashop. Tapi,, apa salahnya kita belajar yang lain. 

                   Sekarang gini deh, misal kita punya telur, kita bisa bikin jadi telur dadar. Apa ya nggak bosen tiap hari bikin itu mulu. Sekali-sekali bikin telur mata sapi gitu lah. Yaa mungkin itu analoginya. 

                 Oke,, kenalan dulu sama miss lokomedia ini. Lokomedia adalah CMS buatan anak bangsa yang sangat bagus dan mudah dipelajari untuk pembuatan sebuah website, nama CMS nya adalah LOKOMEDIA perlu diketahui juga CMS LOKOMEDIA tidak di komersilkan alias gratis jadi kita boleh mengedit dan merubah sesuka hati keseluruhan isi CMS tersebut.


                Cukup menarik bukan. Oke kita lanjut ke tahap installasinya. Cekidott.



  • Pertama-tama marilah kita panjatkan,, hloo hloo.. Salah.. Ganti,, pertama kita masuk dulu di /var/www/html. Dengan perintah #cd /var/www/html



  • Next,, kita download dulu dengan perintah #wget http://bukulokomedia.com/lokomedia-1.6.1.zip



  •  Setelah selesai download, kita extrac paketnya. Disesuaikan formatnya yak. Kalo .zip bisa dengan #unzip <nama file> jika .rar bisa #unrar x <nama file> .





  • Jika sudah, kita edit pada file koneksi.php . Masukkan perintah #nano lokomedia/config/koneksi.php . Sesuaikan dengan database dan password anda.




    Simpan dan keluar jika sudah.






  •  Next, kita edit file .htaccess buka dengan perintah #nano lokomedia/.htaccess . Edit sesuai gambar(tambahkan "index\.php"). Lalu simpan dan keluar.









  •  Jika sudah, buat database di phpmyadmin.









  • Lanjut,,  kita import file dblokomedia.sql.


















  • Jika sudah, buka tab baru dan ketikkan localhost/lokomedia/adminweb .




    username:admin password:admin






  •  Ini tampilannya.





Jika ada permasalahan,, bisa tulis di komentar.. semoga bermanfaat.. 

1 comment:

Popular Posts

Unordered List

Kursor Blog
Powered by Blogger.

Blogger templates