Sebuah catatan sederhana mengenai berbagai hal dalam hidup. Insya Allah tidak hanya ilmu dunia, namun juga ilmu akhirat. Kesalahan bukan tanggung jawab penulis. Semoga Bermanfaat.

Tuesday, February 17, 2015

Set Up Apache Virtual Host di Linuxmint 17.1

Hasil gambar untuk VIRTUAL HOST

           Web server Apache adalah cara yang paling populer melayani konten web di internet. Ini menyumbang lebih dari setengah dari semua situs web yang aktif di internet dan sangat kuat dan fleksibel.

          Apache memiliki  fungsi dan komponen dalam unit individu yang dapat disesuaikan dan dikonfigurasi secara independen. Unit dasar yang menggambarkan situs individu atau domain disebut virtual host .

          Sebutan ini memungkinkan administrator untuk menggunakan satu server untuk host beberapa domain atau situs dari satu antarmuka tunggal atau IP dengan menggunakan mekanisme yang cocok. Hal ini relevan untuk siapapun yang ingin menjadi tuan rumah lebih dari satu situs dari sebuah VPS tunggal.

      Setiap domain yang dikonfigurasi akan mengarahkan pengunjung ke direktori tertentu yang memegang informasi situs, tidak pernah menunjukkan bahwa server yang sama juga bertanggung jawab untuk situs lain. Skema ini diperluas tanpa batasan software selama server Anda dapat menangani beban.


Langkah-langkah :

  • Sebelumnya, install dulu apache2. Perintahnya, #apt-get update lalu #apt-get install apache2 .





  •  Langkah pertama yang akan kita ambil adalah untuk membuat struktur direktori yang akan menyimpan data situs yang akan melayani pengunjung. Misal, saya membuat olif.com maka perintahnya adalah #mkdir -p /var/www/olif.com/public_html .






  •  Selanjutnya kita berikan Grant Permissions. Dengan perintah, #chown -R $USER:$USER /var/www/olif.com/public_html .








  • Setelah itu, ketik juga #chmod -R 755 /var/www  .








  •  Lanjut,, buat halaman untuk virtual host. Dengan perintah #nano /var/www/olif.com/public_html/index.html . Lalu isikan sehingga menjadi menjadi seperti ini.




    Anda bisa mengubah tulisan berwarna hitam sesuka anda.







  • Kemudian, kita buat virtual host baru. Ketikkan perintah berikut,  #cp /etc/apache2/sites-available/000-default.conf /etc/apache2/sites-available/olif.com.conf . Lalu buka file dengan perintah #nano / etc / apache2 / sites-available / example.com .conf . Ubah menjadi seperti ini.









  • Next, aktifkan virtual host yang baru. Ketikkan perintah  #a2ensite olif.com.conf .






  • Setelah itu, restart service apache2 anda. Perintahnya, #service apache2 restart









  • Edit file /etc/hosts. Buka dengan perintah #nano /etc/hosts . Edit seperti ini.









  • Kita restart lagi service apache2. Sama seperti tadi #service apache2 restart .









  • Terakhir, pengujian. Ketikkan di browser anda. http://olif.com .





 SELESAI...

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Unordered List

Kursor Blog
Powered by Blogger.

Blogger templates