Sebuah catatan sederhana mengenai berbagai hal dalam hidup. Insya Allah tidak hanya ilmu dunia, namun juga ilmu akhirat. Kesalahan bukan tanggung jawab penulis. Semoga Bermanfaat.

Friday, February 13, 2015

Installasi FreeNAS




        Hai kawan.. Hmm,, kali ini saya gak mau prolog banyak ah, lagi capek. Hehe. Gayanya kayak pengacara, pengangguran banyak acara. Ya lahh terserah, sekarang mending kita masuk ke materi. Kali ini kita akan belajar mengenai installasi FreeNAS. Seperti biasa, kita kenalan dulu sma pak FreeNAS. Lanjuttt..

         FreeNAS adalah sistem operasi bebas untuk Network Attached Storage. Ini berjalan pada platform x86-kompatibel dan didasarkan pada FreeBSD. Versi terbaru FreeNAS 8.x adalah versi minimal FreeBSD 8.2 dan membutuhkan sekitar 64 MB memori bebas. FreeNAS adalah bootable dari kartu compact flash, USB stick atau hard drive. Manajemen melalui jaringan ditangani melalui antarmuka web yang nyaman.

          Sudah,, sekarang kita installasinya. Cekidott..









  • Ini adalah tampilan Wizard instalasi,, akan membantu Anda dengan instalasi sistem operasi. Tekan enter untuk OK.






  • Pilih drive sebagai menginstal FreeNAS. Tekan enter untuk OK.












  • Konfirmasi install. Ya semacam pemberitahuan untuk meyakinkan calon pengguna. Tekan enter untuk Yes.











  • Akan ada penawaran lagi yaitu apakah anda akan melakukan fresh install atau upgrade install. Jika anda install pertama, silakan tekan enter pada fresh install.









  • Silakan isikan password untuk masuk root.










  • Installasi selesai. Reboot, OK.









  • Untuk mencapai FreeNAS, Anda harus memberikan sistem alamat jaringan, jika tidak ada alamat telah ditetapkan melalui DHCP. Jika url telah ditetapkan, Anda menemukan ini di bawah baris.







  • Setelahnya, anda bisa mulai konfigurasi dengan meremote'nya.








Selengkapnya bisa dibaca di sini http://translate.google.com/translate?hl=id&sl=en&u=http://doc.freenas.org/&prev=search 

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Unordered List

Kursor Blog
Powered by Blogger.

Blogger templates